Ulangan, UAN, UNAS, UTS, UAS, apa masih pake contekan???

-Sesaat Sebelum Tes-

” ,…. hoi punya contekan gak??? ”
“lima menit lagi nih!!!,… mau tes!, contekannya donk!…”
“tenang bro gue punya bocoran via sms neh,…😀 ”
“urang hayang atu euy,….”
“macam mana saya juga minta,…”

-Tes dimulai-

“bro no.1 sampai 10 bro….”
“baru dua nomor nih,….”

Ya beitulah kira-kira percakapan beberapa orang sesaat akan tes dan ketika tes berlangsung. Memang menggelikan, tapi itulah kenyataan. Mengumpulkan contekan atau cari-cari bocoran sebelum tes baik ulangan, UAN, UNAS, UTS, UAS atau apapun namanya masih kerap dilakukan. Mulai siswa SD, SMP, SMA sampai mahasiswa Perguruan Tinggi pun masih saja ada yang mencari & membuat contekan. Modusnya bermacam-macam, dari kertas kecil, besar, ataupun di hp dan ditaruhnya juga diberbagai tempat ada yang di kantong baju atau celana, di bawah meja dan yang lebih parah lagi bagi wanita ada yang di dalam rok!? Wah bagaimana bisa ?!? Walaupun demikian mereka hanya mencoba mencari celah diantara ketatnya penjagaan ketika tes sedang dilaksanakan. Dilain pihak ada juga yang mencoba menyelesaikan tes dengan sekuat tenaga setelah belajar ataupun ada juga yang semalaman belajar,…..

Mencontek memang tidak dibenarkan, akan tetapi pernahkah kita renungkan bahwa semakin maraknya siswa/i maupun mahasiswa/i mencontek merupakan tolak ukur apakah guru/dosen berhasil dalam mengajar dan mendidik? Apakah jika guru-guru atau dosen-dosen melanjutkan studi/pendidikan kembali tidak melakukan tindakan mencontek?

Fanomena ini selalu terjadi dan menjadi-jadi ketika UAN/UNAS akan dilaksanakan. Apalagi Saat ini UAN 2008 akan dilaksanakan, sampai-sampai ada juga guru yang menghimpun bocoran soal untuk siswanya. Walaupun ada siswa/i atau mahasiswa/i yang tidak mencontek lulus,… mungkin itu jumlahnya kecil dan mungkin bisa dihitung dengan jari.😀 Selanjutnya bagaimana harus disikapi kejadian mencontek tersebut??? Yang jelas peran serta berbagai pihak sangatlah diharapkan, bukan hanya siswa/i, mahasiswa/i, guru, dosen, pendidik-pendidik saja tetapi juga sistem pendidikannya harus diperhatikan, serta dibina dan dikelola dengan lebih baik. Sehingga setiap pihak yang masuk dalam sistem pendidikan tersebut dapat merasa nyaman dan berapresiasi sesuai dengan perannya.

Sekarang, bagaimana dengan Anda ???

Selamat Melaksanakan UAN 2008 Semoga Sukses !

9 Responses to “Ulangan, UAN, UNAS, UTS, UAS, apa masih pake contekan???”


  1. 1 kang4roo 5 Mei 2008 pukul 11:13


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  2. 2 alid abdul 5 Mei 2008 pukul 14:15

    sukses buat yang lagi UAN…
    contek menyontek udah makanan hehehe…

  3. 3 ludi kenapi 30 Januari 2009 pukul 11:44

    pucing bentar lagi UAS…………….

  4. 4 Achmad 15 Februari 2009 pukul 10:58

    mendingan belajar deh yang rajin

  5. 5 irvan 12 Maret 2009 pukul 00:24

    gila gw berhasil nyontek men nilai gw pasti dapet 100 nih hehehehe

  6. 6 saurma 16 Maret 2009 pukul 15:11

    Pintar gaknya orang, tinggi rendahnya IPK akan terbukti di dunia kerja.

  7. 7 annisa nur hadjizah 13 Mei 2010 pukul 06:29

    uwhhh aQ pngen contekan ny donkk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: